Thursday, April 19, 2018

Ini Negara dengan Pola Makan Tersehat yang Patut Ditiru

Jepang

Populasi Jepang merupakan salah satu yang memiliki harapan hidup tertinggi di dunia. Salah satu kunci dari tingginya harapan hidup populasi Jepang adalah pola makan mereka. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa kunci dari pola makan Jepang yang sehat adalah tinggi akan karbohidrat tertentu, sayuran, buah, serta ikan dan daging.
Pemerintah Jepang pun secara aktif mendorong masyarakat hidup sehat dengan mengeluarkan panduan makanan yang direkomendasikan pada 2005 lalu. Panduan ini mendorong masyarakat Jepang untuk mengurangi dan menghindari makanan berlemak jenuh serta makanan olahan.
Selain itu, panduan makanan tersebut juga mendorong masyarakat untuk mengonsumsi makanan kaya karbohidrat dari nasi dan sayuran. Masyarakat Jepang juga cenderung mengganti minuman olahan dengan teh dan air putih.

Negara-Negara Nordik

Negara-negara Nordik seperti Swedia, Denmark Norwegia Finlandia dan Islandia juga memiliki berbagai menu makanan sehat yang umum dikonsumsi oleh masyarakatnya. Beberapa makanan tersebut ialah roti gandum hitam, ikan yang mengandung minyak, sayuran serta buah-buahan lokal hingga susu fermentasi dan keju.
Hasil penelitian yang dimuat pada American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa pola makan atau diet ala Norden ini sama baiknya dengan pola makan ala Mediterania. Salah satu manfaat dari diet ala Norden ini ialah dapat mengurangi risiko terjadinya inflamasi yang kerap berkaitan dengan kondisi kronis serta  risiko kanker usus besar.
Salah satu kunci sehatnya pola makan ala Norden ialah kaya akan ikan dan sayur-sayuran dari dalam tanah, serta sayuran berwarna cerah. Makanan-makanan tersebut memiliki kandungan beta karotin dan antioksidan tinggi yang baik untuk tubuh. Selain itu, serat yang kaya serta rendah gula juga menjadi keunggulan dari menu makanan ala Norden.

Afrika Barat

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa pola makan dari beberapa negara di Afrika Barat seperti Mali, Chad, Senegal dan Sierra Leone lebih unggul dibandingkan pola makan atau diet ala Jepang. Para peneliti dari University of Cambridge bahkan menilai pola makan Afrika Barat yang kaya akan buah, sayur, gandum dan ikan berada di urutan teratas.
Pola makan atau diet ala Afrika Barat dinilai kaya akan serat dan omega 3. Selain itu, Afrika Barat juga memiliki banyak kreasi makanan sehat berbeda yang tersebar di 16 negaranya. Meski memiliki kreasi makanan yang berbeda, pada dasarnya kreasi makanan tersebut biasa menggunakan nasi Jollof, kacang tanah rebus, ikan kering dan ikan asap atau ubi jalar, dikutip dari Independent.

Mediterania
Menu makanan khas Mediterania seringkali menjadikan buah serta sayuran segar, sereal gandum, kacang-kacangan, ikan dan produk susu hingga minyak zaitun sebagai sumber lemak yang sehat. Banyak penelitian yang menemukan bahwa kombinasi makanan ala Mediterania berkaitan dengan kesehatan tubuh yang lebih baik serta penurunan risiko dari beberapa penyakit kronis seperti penyakit jantung hingga diabetes tipe2.
Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa makanan khas Mediterania khususnya berkenaan dengan buah berry dan strawberry dapat mencegah Alzheimer. Juru Bicara British Dietic Association Anna Daniel juga mengatakan bahwa pola makan atau diet ala Mediterania merupakan salah satu diet yang paling terbukti baik untuk kesehatan jantung dan umur panjang.

by http://republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/16/04/10/o5dlwg328-ini-negara-dengan-pola-makan-tersehat-yang-patut-ditiru

No comments:

Post a Comment