Thursday, April 19, 2018

Cara Melakukan Diet Mediterania Beserta Contoh Menunya

Diet mediterania tidak saja cocok dilakukan oleh masyarakat di belahan Eropa saja, namun untuk masyarakat di Indonesia sangat dianjurkan menggunakan program ini karena metode diet ini menggunakan pola makan sehat dengan menu dari bahan – bahan alami.
Menu harian diet mediterania menggunakan sayuran, buah – buahan dan minyak zaitun sebagai daftar menu makanan pokok diet ini. Dengan bahan – bahan alami tersebut, maka tak salah jika kita dapat melakukannya secara aman dalam jangka waktu yang realtif cukup lama.
Dengan melakukan diet mediterania, kita juga bisa mengambil manfaatnya bagi kesehatan antara lain dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung, kanker, dimensia maupun diabetes tipe 2. Hal ini beralasan karena pola makan dan menu sehat yang seimbang ada pada program ini.

Cara melakukan diet mediterania

Untuk melakukan program diet mediterania, caranya sangatlah mudah. Secara garis besar, kita menerapkan beberapa point penting seperti dibawah ini :
1. Kita tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan ynag digoreng dengan minyak dan mentega. Kita harus mengganti dengan minyak zaitun.

Seperti yang sering kita bahas, lemak jahat pada minyak tidak baik untuk kesehatan tubuh serta dapat meningkatkan berat badan karena kandungan lemak dapat tersimpan di dalam tubuh. Mentega juga mengandung banyak  kadar lemak dan kolestrol jahat sehingga harus kita tinggalkan.
2. Mengkonsumsi sayur dan buah saat makan.
Di dalam menurunkan berat badan dengan diet mediterania, kita masih dianjurkan mengkonsumsi nasi dan roti gandum. Untuk jangka panjang tentunya sanagt aman karena kita telah terbiasa mengkonsumsi nasi.
3. Membiasakan menggunakan menu harian dengan cara di rebus
Menu harian diet mediterania diolah dengan cara dibakar, direbus dan dikukus. Tidak diperbolehkan kita mengolah menu makanan dengan cara di goreng menggunakan minyak biasa. Seperti point nomor satu, jika kita akan menggoreng maka harus menggunakan minyak zaitun.
4. Tidak mengkonsumsi garam dan gula
Garam dan gula dapat membuat berat badan kita naik. Kita bisa mengganti rasa asin pada garam dengan jenis bahan alami yang lain. Begitu juga gula, kita harus mengganti rasa manis dengan bahan alami lainnya dengan rasa manis. Dengan mengurangi rasa asin dan manis maka dapat membantu di dalam menurunkan berat badan.
5. Mengurangi daging merah dan lemaknya
Kita tidak di anjurkan mengkonsumsi daging merah dalam waktu yang sering. Jika kita mengkonsumsi daging merah maka porsinya harus dikurangi. Untuk lemak pada daging harus kita jauhkan. Dalam sebulan kita hanya mengkonsumsi daging merah sekali saja.
Jika pada siang hari saat kita merasa lapar, sebaiknya kita ngemil dengan buah segar. Tidak diperbolehkan untuk ngemil makanan kecil dengan rasa manis, asin serta makanan kecil yang digoreng. Gantilah dengan buah – buahan yang segar.

Contoh menu diet mediterania

Contoh menu diet mediterania adalah sebagai berikut:
Sarapan pagi : Beras merah / roti gandum + Telur rebus + sayur tanpa gula dan garam + Air putih
Cemilan menjelang siang hari : Buah apel/semangka
Makan siang : Sayuran + Yogurt + Ikan laut + jus tanpa gula
Cemilan menjelang malam hari : Buah semangka, melon, kiwi, jeruk atau apel
Makan malam : Kentang rebus + sayur dari kacang – kacangan + daging ayam
Contoh menu diet mediterania diatas bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan masing masing. Hal terpenting di dalam sebulan Anda tidak lebih dari sekali mengkonsumsi daging merah.
Menu diatas juga memberikan asupan protein yang cukup bagi tubuh Anda melalui konsumsi daging ayam dan telur rebus. Selain itu, kandungan yogurt juga sangat baik untuk kebutuhan gizi tubuh kita.
Jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih dalam takaran yang cukup. Dalam sehari sebaiknya mengkonsumsi air putih sebanyak 6 s/d 8 gelas.
Saat makan malam sebaiknya dilakukan sebelum jam 7 malam. Jika kita merasa lapar pada malam hari, kita dapat mengkonsumsi buah yang sudah kita persiapkan di kulkas.
Diet mediterania sebenarnya membagi makanan sesuai dengan tingkat kebutuhan yang harus dipenuhi. Tingkatan tersebut dibagi dalam piramida makanan diet mediterania seperti gambar dibawah ini :
Cara melakukan diet mediterania
Dari mulai paling bawah, paling banyak kita melakukan aktifitas fisik sehari – hari. Dengan banyak melakukan aktifitas fisik terutama olah raga maka kalori dan lemak akan cepat terbakar sehingga kita dapat dengan cepat menurunkan berat badan.
Kebutuhan terhadap whole grain, nasi, kentang dan roti gandum menjadi tingkatan kedua yang perlu kita penuhi.
Masih dalam rentang waktu harian, kebutuhan makanan terutama buah dan sayur menjadi tingkatan ketiga yang harus dipenuhi. Menu diet harian mediterania ini meliputi sayur, kacang – kacangan dan buah – buahan.
Masih menu sehari – hari, kita bisa mengkonsumsi minyak zaitun. Kemudian kita sedikit mengkonsumsi keju dan yogurt.
Tingkatan berikutnya adalah menu mingguan yakni bisa mengkonsumsi ikan, unggas, makanan manis. Ini adalah menu makanan mingguan.
Tingkatan terakhir dari piramida diet mediterania adalah daging merah yang dikonsumsi sebulan sekali.

 by http://tipsdietsmart.com/cara-melakukan-diet-mediterania-contoh-menunya/

No comments:

Post a Comment